Monday, 24 July 2017

Beberapa Cara Pengolahan Emas dan Perak dari Limbah Elektronik

Diantara proses pengolahan yang sudah sangat dikenal,diantaranya adalah :

=>Proses dengan metode Acid Peroxide / AP. 
Proses ini termasuk kelompok Recovery. Sangat efektif untuk mengolah jenis logam plat tipis ber micron (terutama tembaga dan timah). kurang efektif untuk bahan logam yang tebal. Proses ini sangat cocok bagi para pemula yang baru terjun di dunia olah emas ini.
Contoh limbah yang cocok dengan metode ini : Kaki RAMkomputer, kaki VGA dan VCIlain, panel handphone dan jenis-jenis pcb bermikron yang sudah di scrap sebelumnya (pcb bermikron yang sudah kosong). Keuntungan lain proses ini adalah,cairan sisa prosesnya dapat digunakan kembali untuk proses berikutnya.lumayan irit kan.
Bahan yang digunakan :  
Air(H2O)Asam khlorid(HCl)32%, HydrogenPeroxide(H2O2)3-30%,  dan Blower Aquarium sebagai pensuply oksigen(O2). Oksigen disini berfungsi sebagai oksidator pengganti H2O2 atau anda bisa mengkombinasikannya dalam takaran yang tepat.
=> Proses dengan metode perendaman Nitrit
Berguna untuk prosesRecovery dan Refining. Sesuai dengan namanya,metode ini menggunakan Asam Nitrit(HNO3) .
Asam ini merupakan Oksidator Kuat yang mana mampu bereaksi dengan cepat terhadap berbagai macam logam. Dapat digunakan pada kondisi encer (konsentrasi rendah) maupun pekat (konsentrasi tinggi) dan juga sangat efektif pada suhu ruangan maupun panas.Proses ini akan menghasilkan gas berbahaya yang dikenal dengan istilah NOX (gas NO dan NO2).oleh karena gas yang tidak disukai ini, banyak pengolah menggunakan proses ini dalam konsentrasi rendah /encer dengan bantuan pemanasan.atau bisa juga mencampurnya dengan Hydrogen Peroxide (H2O2).hal ini sangat efektif untuk menekan gas Nox yang dihasilkan.
Proses dengan metode perendaman Nitrit ini,selain dapat digunakan untuk Recovery emas,juga sangat baik untuk Recovery logam Perak.
Kelemahan pada proses ini adalah munculnya gel-gel (semacam lendir) hasil dari proses ini, sehingga sangat merepotkan untuk proses selanjutnya.
Bahanyang digunakan :
Air (H2O2)Asam Nitrit (HNO3)68%, Hydrogen Peroxide(H2O2)3-30%.

=> Proses dengan metode Aqua Regia / AR
Banyak digunakan untuk proses Refining. Aqua Regia yang artinya Air Raja ini,termasuk salah satu air Asam Terkuat di dunia. bayangkan saja,logam emas dan platina yang terkenal tahan terhadap korosi pun, harus menyerah terhadap air ini.
=> Proses dengan metode Poorman Aqua Regia
Banyak digunakan untuk proses Recovery. Air ini adalah jenis Aqua Regia yang lebih lemah.
Cara membuatnya yaitu dengan cara mencampurkan HCl konsentrasi rendah dan Potasium Nitrate(KNO3)dalam perbandingan tertentu lalu dipanaskan sampai jadi cairan ini. untuk mengetahui perbandingan yang tepat ini, anda harus mengetahui dulu karakter setiap bahan yang digunakan. HCl berbentuk cairan dan KNO3 berbentuk garam kristal putih. keduanya memiliki berat jenis dan anda harus bisa menghitung agar mendapatkan perbandingan yang tepat.
Poorman AR ini sangat cocok digunakan untuk mengolah processor-processor komputer type batu yang berwarna coklat, tapi tidak cocok untuk processor type fibre yang umumnya berwarna hijau kecuali kaki-kaki nya saja.
Bahan yang digunakan : 
Air(H2O)HCl 32%, KNO397%.

=> Proses dengan metode HCl-Cl. 
Banyak digunakan untuk proses Refining. Cara kerja proses ini adalah dengan cara menggabungkan cairan HCl dengan cairan Chlorox(NaClO). Chloroc ini umumnya tersedia di pasaran dengan konsentrasi 5%dengan nama lain yaitu Bleach atau juga Baycleanuntuk pemutih.
Proses ini dapat dipakai untuk melarutkan emas yang berbentuk lembaran-lembaran tipis seperti lembaran mikron dari kaki Ram komputer, tapi tidak cocok untuk logam-logam tebal.
Untuk perbandingannyapun sama saja seperti membuat Aqua Regia. cara terbaik adalah tuangkan dahulu HCl ke wadah yang sudah berisi lembaran emas yang akan di larutkan,lalu tuangkan NAClO sedikit demi sedikit sampai semua emasnya larut. Jangan dicampurkan sekaligus 
!!! Bahaya !!! 
Proses ini akan menghasilkan gas khlorin. Hati-hati...gunakan masker, pentilasi udara harus baik dan sebaiknya dilakukan diluar rumah.
Bahan yang digunakan :
Air(H2O), HCl 32%, NAClO 5%.

 => Proses dengan metode Elektrolisis
Banyak digunakan untuk proses Refining. Tidak hanya untuk mengolah emas, proses ini juga digunakan untuk mengolah perak dan logam lainnya.Untuk mengolah emas lapisan/gold plating, biasanya digunakan cairan Asam Sulfate(H2SO4) 97%. untuk proses elektrolisis ini, akan saya bahas secara lengkap pada postingan berikutnya.
Harus saya ingatkan, jika anda menggunakan cairan asam sulfate ini.
Tuangkan cairan kedalam air, Jangan menuangkan air kedalam cairan.

0 komentar: